8 Tempat Freelance Online Terbaik dan Valid

Jika Anda adalah orang yang mencari kebebasan dalam jadwal kerja atau Anda ingin menghasilkan uang tambahan, Anda mungkin perlu mulai mempertimbangkan freelance atau kontrak kerja online. Namun, jika Anda pernah mencari pekerjaan freelance di internet, Anda mungkin akan menghabiskan banyak waktu dengan menelusuri banyak sekali situs-situs besar yang menawarkan pekerjaan freelance beserta daftar pekerjaannya, namun Anda tidak mendapatkan apa-apa. Ada banyak tempat kerja freelance online yang sudah terkenal atau populer karena reputasinya, tingkat kompetisinya sangat ketat. Tetapi itu tidak berarti Anda tidak bisa mendapatkannya. Berikut adalah 8 situs yang sudah populer dan terkenal bisa membantu Anda sebagai karyawan freelance.

Upwork
Upwork bisa membantu Anda memiliki pilihan sebagai freelancer, karena Anda bisa mendaftar kemudian membuat profil yang bisa ditelusuri sehingga membantu orang yang akan memberi pekerjaan untuk menemukan Anda apabila mereka memiliki proyek/pekerjaan baru. Situs ini memiliki kategori untuk pengembang Web, pengembang mobile web, desainer, penulis, penerjemah, asisten maya, agen layanan pelanggan dan masih banyak lagi kategori lainnya. Ketika Anda membuat profil, Anda harus menyebutkan keterampilan Anda yang relevan, pengalaman dan contoh dari apa yang telah kerjakan di masa lalu. Sekali Anda dapat job/proyek, Anda bisa dibayar melalui website menggunakan kartu kredit, PayPal atau rekening bank Anda. Namun, Upwork akan memungut biaya 10 persen, jadi jika Anda dibayar $20, artinya Anda akan menerima $18

Guru
Guru memiliki banyak kategori untuk pekerjaan freelance, termasuk beberapa kategori yang mungkin tidak pernah Anda pertimbangkan sebelumnya, seperti bidang software dan TI, bidang teknik, arsitektur dan bahkan bidang hukum. Kategori yang lebih umum, dan pasti masih ada disitu adalah desain, seni dan multimedia, menulis konten web. Daftar pekerjaan/job disitu dituliskan dengan ringkasan singkat dari peran, kisaran harga, ketika job/pekerjaan mulai diposting dan ketika job/pekerjaan berakhir. Anda juga dapat melihat berapa banyak orang yang telah dipekerjakan pada pekerjaan yang sudah ditawarkan, sehingga Anda dapat memutuskan apakah sudah pas waktu Anda untuk ikut mengambil pekerjaan yang ditawarkan.

Craigslist
Craiglist adalah tempat biasanya orang-orang mencari apartemen yang disewakan, tetapi Anda juga bisa melihat ke bagian 'jobs' atau pekerjaan yang ditawarkan di Craigslist. Ada banyak kategori dari industri yang bermacam-macam yang dapat Anda cari dan temukan yang sesuai dengan pekerjaan freelance yang Anda inginkan. Jika Anda telah berkeliling-keliling di Craigslist, maka Anda akan segera tahu banyak dengan berbagai macam kejadian disana. Situs ini tidak bertele-tele, dan situ itu juga secara berkala selalu mengingatkan Anda untuk selalu memverifikasi setiap listing yang ada disitu karena bisa saja Anda bertemu dengan kasus scam. Namun, banyak perusahaan yang sah/valid juga menggunakan Craigslist untuk posting iklan jangka pendek, pekerjaan freelance, maupun pekerjaan penuh waktu. Craigslist adalah cara yang cepat, mudah dan gratis untuk mendapatkan pekerjaan bagi para pencari kerja.

99 Designs
Jika Anda adalah seorang desainer web atau desainer grafis, dan Anda mencari situs yang menyediakan jenis pekerjaan seperti itu, maka 99 Designs adalah tempat yang tepat bagi Anda. Ini adalah situs khusus untuk para desainer dan memiliki sistem berbasis kontes, dan semakin banyak bid yang Anda menangkan semakin banyak uang yang Anda dapatkan. Pada dasarnya, jika Anda berada di situs tersebut dan kemudian menemukan suatu tawaran "kontes," Anda bisa melihat tentang detil-detilnya dan kemudian berkolaborasi dengan klien untuk menyerahkan desain Anda. Jika desain Anda menang, Anda secara otomatis mendapatkan lebih banyak kesempatan di hubungi, dan Anda bahkan tetap bisa menjaga hubungan terbuka dengan klien untuk melakukan lebih banyak pekerjaan untuk mereka. Ini adalah pilihan terbaik bagi mereka yang senang dengan suasana persaingan dan keinginan untuk menang, tetapi jika Anda tidak memiliki semangat kompetitif, Anda mungkin sebaiknya melihat situs-situs lainnya yang lebih tradisional.

College Recruiter
Jika Anda adalah seorang mahasiswa yang sedang mencari pekerjaan tambahan untuk menambah penghasilan sambil mendapatkan gelar sarjana atau jika Anda perlu menemukan tempat magang maka Anda perlu melihat  College Recruiter. Ini juga merupakan tempat yang menarik untuk mencari pekerjaan tingkat pemula bagi mereka yang baru lulus dan tempat yang pas untuk mulai membangun karir Anda. Selain menawarkan berbagai macam posisi yang tersedia, Anda juga bisa mendapatkan tips tentang memasuki dunia kerja di blog. College Recruiter bahkan menawarkan layanan untuk resume Anda, yaitu di mana Anda bisa mendapatkan kritik/evaluasi secara gratis oleh ahli resume.

Toptal
Jika Anda seorang developer yang sedang mencari  pekerjaan kontrak, Toptal mungkin menjadi pilihan terbaik untuk pekerjaan freelance. Toptal mengklaim bahwa dia membuat proses penyaringan yang sangat ketat sehingga hanya developer terbaik yang bisa masuk bergabung ke situs ini. Dari ribuan aplikasi yang Toptal terima setiap bulan, situs ini hanya memiliki tingkat penerimaan 3 persen saja. Tetapi jika Anda berhasil melewati screening awal, itu berarti Anda akan memiliki tingkat persaingan yang lebih longgar ketika bersaing untuk pekerjaan freelance. Anda akan diuji tentang bahasa dan kepribadian dan Anda juga harus lulus tes algoritma dengan batas waktu tertentu. Setelah itu, dua engineer dari Toptal akan menghubungi Anda untuk melakukan wawancara dengan melakukan coding secara live/online. Dan itu masih belum selesai karena Anda masih perlu untuk melakukan proyek uji coba yang berkisar antara satu sampai tiga minggu lamanya, dan jika Anda akhirnya benar-benar diterima, Anda akan perlu untuk mempertahankan reputasi yang baik agar tetap bisa berada di sni. Jadi jika Anda percaya diri dengan skill developer Anda, Pergilah ke Toptal untuk menjadi bagian dari "3 persen developer terhebat."

Fiverr
Jika Anda perlu uang dengan cepat - atau lima dolar - kunjungi saja Fiverr, di mana Anda bisa merasakan dunia freelance dengan cara yang berbeda. Pengguna diidentifikasi sebagai "buyers" dan "sellers,"  dan bukan "employers" dan "freelancers". Intinya, sebagai freelancer Anda menjual layanan Anda, dan employer bisa memilih untuk membeli layanan yang Anda tawarkan mulai dari $5 hingga $500. Ada juga layanan opsional yang disebut Gig Extras, di mana Anda bisa mengenakan biaya hingga $1.000 untuk suatu layanan. Fiverr melayani desainer grafis, pemasar online, penulis, animator, editor video, programmer dan banyak lagi. Penjual memposting iklan dengan mengatakan apa yang bisa mereka lakukan untuk pembeli, misalnya, "Saya bisa membuat logo untuk perusahaan Anda," atau "Saya bisa mengoreksi dan mengedit materi-materi pemasaran." Ini adalah tempat yang unik untuk format freelancer tradisional, jadi jika Anda ingin menghasilkan uang tambahan, Fiverr mungkin tempat yang cocok bagi Anda.

Freelancer
Jika Anda ingin menmpuh cara yang lebih tradisional untuk mencari pekerjaan freelance, maka Anda harus ke Freelancer. Anda bisa mendapatkan penawaran pada proyek-proyek yang bermacam-macam, mulai dari merancang t-shirt hingga membangun aplikasi mobile hingga ke membuat rendering 3D. Biaya minimum untuk suatu proyek adalah $5, tapi situs ini akan mengambil potongan 10 persen dari setiap transaksi, jadi  harap diingat tentang hal ini ketika membaca suatu lowongan pekerjaan. Anda dapat bergabung secara gratis, hanya saja Anda hanya dapat memasukkan delapan tawaran per bulan dan Anda tidak bisa menggunakan deposit langsung. Dari situ, Anda bisa memilih tingkat keanggotaan yang lebih tinggi yang memberikan lebih banyak akses ke berbagai proyek yang tersedia.


Catatan tambahan:
Dunia freelancer online semakin berkembang. Untuk freelancer di Indonesia yang mungkin bisa dicoba salah satunya adalah: https://projects.co.id/ . Namun demikian situs-situs freelancer internasional di atas juga menyediakan lokasi speifik untuk Indonesia, misalnya http://jakarta.craigslist.org/ atau freelancer.co.id dsb.
Untuk situs-situs freelance lainnya, harap berhati-hati, karena bila Anda mencari situs-situs yang belum populer dan belum punya reputasi bagus, ada banyak potensi bahwa situs-situs tersebut juga melibatkan scam di dalamnya.

Artikel lain yang perlu Anda baca juga:

2 comments:

  1. Freelance merupakan pekerjaan paruh waktu atau pekerjaan lepas atau istilah yang biasa digunakan untuk orang yang bekerja sendiri dan tidak harus berkomitmen untuk jangka panjang kepada perusahaan, owner bisnis maupun pemilik usaha tertentu sehingga kerjaan sebagai freelance tidak bersifat terikat dengan aturan.

    ReplyDelete