Administrasi dan Keamanan Data Warehouse - Seri Data Warehouse (7)

Langkah-langkah apa yang perlu diambil suatu perusahaan untuk memastikan keamanan dan konfidensialitas data pelanggan dalam data warehousenya?

Sistem keamanan dalam data warehouse seharusnya berfokus pada empat area utama:
  1. Tahap 1: menetapkan prosedur dan kebijakan perusahaan tentang keamanan data yang efektif. Kebijakan keamanan yang efektif seharusnya dimulai dari atas dan dikomunikasikan dengan semua orang dalam perusahaan.
  2. Tahap 2: menerapkan berbagai prosedur dan teknik keamanan lojik untuk membatasi akses. Hal ini mencakup otentikasi user, kontrol akses, dan enkripsi.
  3. Tahap 3: membatasi terhadap akses fisik ke lingkungan data center.
  4. Tahap 4: menetapkan proses review kontrol internal yang efektif untuk keamanan dan privasi data. [Baca juga: manfaat data warehouse bisa dibaca di link ini]
Keahlian apa yang seharusnya dimiliki oleh data warehouse administrator (DWA)? Dan mengapa? [Baca juga & bandingkan: Tugas & Kewajiban Database Administrator]
  • Harus familiar dengan berbagai hardware yang berkinerja tinggi (high-performance), familiar dengan berbagai teknologi jaringan dan software, karena data warehouse berjalan berdasarkan hal-hal tersebut.
  • Wawasan bisnis yang baik, memahami tujuan dari suatu data warehouse (DW) dan justifikasi bisnisnya .
  • Familiar dengan berbagai proses pengambilan keputusan bisnis untuk memahami bagaimana data warehouse (DW) akan digunakan.
  • Keahlian dalam berkomunikasi yang mumpuni, untuk mengomunikasikan dengan karyawan perusahaan yang lain.
Berikut seri artikel tentang data warehouse:

2 comments: