Seri Siklus Hidup Proyek Pengembangan BI (Business Intelligence): Pendekatan Dalam Proses Pengembangan

Inisiatif pendukung keputusan BI (Business Intelligence) adalah suatu upaya yang mahal. Data bisnis yang terpisah-pisah dan berbeda harus diekstrak dan digabung dari berbagai sistem OLTP (On-line Transactional Processing), dari sistem-sistem batch processing, dan dari berbagai sumber data eksternal. Berbagai inisiatif pendukung keputusan BI juga perlu berbagai teknologi baru untuk dipertimbangkan, tugas-tugas tambahan yang harus dilakukan, peran dan tanggung jawab yang akan bergeser, dan analisis dan berbagai aplikasi pendukung keputusan yang akan dikeluarkan dengan cepat sambil mempertahankan kualitas yang masih dapat diterima.

Suatu hal yang mengejutkan bahwa 60 persen dari berbagai proyek BI berakhir dengan penolakan atau kegagalan karena perencanaan yang tidak memadai, tugas-tugas yang terlupakan, deadline yang terlewatkan, manajemen proyek yang buruk, requirements bisnis yang tidak disampaikan, atau berbagai hasil dengan kualitas yang buruk. Manajer proyek perlu mengetahui apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan dalam implementasi BI berdasarkan pengalaman praktikal.
"Apa yang dibutuhkan adalah, metode baru yang sudah terbukti untuk memahami dan melaksanakan proses yang diperlukan dalam implementasi aplikasi pendukung keputusan BI yang berhasil."

Pendekatan dalam proses pengembangan (development)

6 Tahap Siklus Hidup Engineering
(Termasuk Proyek Pengembangan BI)
Hampir setiap jenis proyek engineering – structural engineering maupun software engineering - melalui enam tahap mulai awal hingga implementasi, seperti digambarkan pada gambar di samping. [Catatan: untuk memahami makna 'siklus hidup proses pengembangan', bisa dibaca dan dibandingkan dengan post artikel: Siklus Hidup Pengembangan Basis Data]

Seperti panah yang ditunjukkan pada gambar disamping, proses engineering selalu iteratif (berulang). Setelah diterapkan, produk ini terus ditingkatkan dan disempurnakan berdasarkan umpan balik dari komunitas bisnis yang menggunakan produk. Setiap iterasi menghasilkan rilis produk baru (versi) karena produk selalu berkembang dan matang. (Konsep rilis ini dijelaskan secara rinci pada Langkah 16, yaitu: Evaluasi Rilis.)

6 Tahap & 16 Langkah Siklus Hidup Proyek Pengembangan BI
Enam tahap dalam siklus engineering pengembangan BI disini akan terdiri dari 16 langkah yang akan dideskripsikan lebih detil dalam Seri Siklus Hidup Proyek Pengembangan BI di seri ini (link-link deskripsi detil aktivitas juga akan ada dibagian akhir post artikel ini).

Enam tahap dan 16 langkah utama ini seperti terlihat dalam gambar di samping adalah sebagai berikut:

Tahap 1. Justifikasi: Menilai kebutuhan bisnis yang menimbulkan proyek engineering baru.
Tahap 2. Perencanaan: Mengembangkan rencana strategis dan taktis, yang mengatur bagaimana proyek engineering ini akan dicapai dan diterapkan.
Tahap 3. Analisa Bisnis: Melakukan analisa rinci dari masalah bisnis atau peluang bisnis untuk memperoleh pemahaman yang kuat tentang kebutuhan bisnis untuk solusi potensial (produk).
Tahap 4. Desain: Pikirkan dan pahami produk yang memecahkan masalah bisnis atau memungkinkan peluang bisnis.
Tahap 5. Konstruksi: Membangun produk, yang harus memberikan pengembalian investasi dalam jangka waktu yang telah ditetapkan.
Tahap 6. Deployment: Mengimplementasikan atau menjual produk jadi, kemudian mengukur efektivitasnya untuk menentukan apakah solusinya sesuai, melebihi, atau gagal memenuhi RoI yang diharapkan.

Seri Siklus Hidup Proyek Pengembangan BI (Business Intelligence):

No comments:

Post a Comment