Review Topik Pemodelan dan Analisa: Pengambilan Keputusan Multi-Kriteria Dengan Perbandingan Berpasangan

1. Apa yang dimaksud dengan Proses Hirarki Analitik atau Analytic Hierarchy Process (AHP)?

Proses hirarki analitik (AHP), adalah struktur pemodelan yang sangat baik untuk menyajikan berbagai problem yang multi-kriteria (beberapa sasaran, beberapa tujuan)-dengan beberapa set kriteria dan alternatif (pilihan) -umumnya ditemukan di lingkungan bisnis.

2. Langkah-langkah apa yang diperlukan dalam menerapkan AHP?

Pembuat keputusan menerapkan AHP untuk menguraikan problem pengambilan keputusan menjadi berbagai alternatif dan kriteria yang relevan. AHP memisahkan analisis terhadap kriteria dengan berbagai alternatif, yang membantu pengambil keputusan untuk fokus pada bagian problem yang kecil dan yang dapat dikelola dengan baik.

3. Apa perbedaan antara software AHP dan software seperti ChoiceAnalyst?

Software ChoiceAnalyst mengambil pendekatan langsung, dengan menggunakan turunan gradien bebas dan probabilitas dan statistik untuk menghasilkan suatu sampling dengan menggunakan tingkat 'confidence' dan interval 'convidence' (yang defaultnya adalah suatu pilihan model) dan perhitungan ranking. Yang menjadi minimum global bisa ditemukan secara iterasi yang bisa memenuhi boot kriteria dan yang terbaik memenuhi kriteria si pembuat keputusan bersama dengan matriks bobot preferensi yang berpasangan. Jumlah iterasi untuk mencapai konvergensi tergantung pada model tertentu yang digunakan.

Daftar link terkait review topik: pemodelan dan analisa:

No comments:

Post a Comment